MENGKAITKAN PPW DENGAN PENGALAMAN PERJALANAN TRIP KE JOGJA

Kali ini saya akan sedikit berbagi pelajaran mengenai Pengantar Perjalanan Pariwisata, karena saya berada di lingkungan pariwisata.
Jadi saya akan berbagi sedikit juga apa perjalanan wisata dan apakah itu usaha perjalanan wisata. Mungkin saya akan memaparkan juga apa itu perjalanan, wisata, dan usaha perjalanan wisata. Pariwisata yang berarti untuk sebuah perjalanan keliling wisata dan

akan kembali ke tempat asalnya tersebut. Sedangkan Wisata merupakan kegiatan perjalanan untuk mengunjungi sebuah destinasi. Jadi jika disatukan, Perjalanan Wisata memberikan pengembangan perjalanan
wisata sebagai sistem kepariwisataan (keseluruhan kegiatan yang terkait).
   Usaha Perjalanan Wisata yang berarti perusahaan yang melakukan kegiatan untuk menawarkan berbagai paket wisata seperti perjalanan. Biasanya perjalanan tersebut menjual paket wisata misalnya ke 3 Negara dalam seminggu, jadi perjalanan biasanya menawarkan atau menjual paket tersebut dari tanggal yang lumayan lama untuk keberangkatan tesebut. Dari sana travel pun bisa menyesuaikan harga mulai dari pesawat, hotel, transportasi selama disana, destinasi yang akan dituju dengan harga yang bisa dibilang lebih terjangkau. Ada juga seperti jasa membooking hotel maupun villa, ada juga yang mengkaji dari informasi, biro perjalanan, dan hotel.         Sumber : ekbis.sindonews.com

Nah, sekarang saya akan cerita pengalaman perjalanan menuju Yogyakarta bersama kawan-kawan SMA saya sebelum acara perpisahan ceunah. Pada hari Rabu, tanggal 10 April 2019 kami dari Stasiun Pasar Senen berangkat sekitar pukul 20.00 . Perjalanan kita kira-kira dan sekitar waktu 9 jam untuk sampai ke Yogyakarta.              Lagi menunggu kereta tiba di Stasiun Yogyakarta, kita melanjutkan perjalanan menggunakan bus menuju arung jeram Kali Elo disana kita akan melakukan kegiatan arung jeram. Kebetulan arung jeram merupakan pengalaman pertama kali saya, jadi saya sangat senang sekali sama pengalaman ini.

Sebelum arung jeram dimulai kita harus memakai alat pengaman seperti yang sudah disediakan disana, sistem arung jeramnya 1 larangan besar berisi 7-8 orang. Selama arung jeram memakan waktu 2 jam betul-betul hal yang sangat tidak membosankan setiap perjalanan arung jeram kita melewati arus yang bisa dibilang cukup deras, tapi aliran derasnya masih wajar ya guys jadi emang aman. Di sini juga kita sudah dapat kudapan seperti cemilan gorengan, kelapa muda karena termasuk sebuah paket arung jeram yang dipilih.

Lanjut dihari kedua kami menuju ke Goa Kalisuci, kali ini kita akan melakukan kegiatan rafting. Jadi sebelum kita turun ke Goa Kalisuci ini sebelumnya, diberikan arahan dulu sama pemandu dari arung jeram yang akan kita lakukan. Jangan lupa juga memakai alat dan pelampung agar tidak terkena batu atau karang ketika saat arung jeram, karena kali nya sangat banyak karang sehingga memerlukan waktu yang lumayan banyak saat arung jeram dimulai. Kurang lebih arung jeram memakan waktu 1,5 jam, jadi benar-benar kalau bisa makan terlebih dahulu terlebih dahulu kalau mau arung jeram nanti tidak masuk angin. Selama arung jeram benar-benar seru banget karena kita menelusuri jalanan yang diapit oleh karang dan yang bikin deg-degan kita arung jeram berada didalam Goa, tapi jangan khawatir guys disana banyak pemandunya kok, benar-benar aman.

Karena perjalanan menuju Goa Kalisuci hanya sampai siang, kita bisa mampir ke Pantai yang cukup hits juga di Yogyakarta yaitu Pantai Sadranan. Sambil menunggu matahari terbenam, kami pun waktu untuk berfoto-foto dan juga waktu untuk duduk santai di pinggir pantai. Jangan khawatir ya guys kalau kalian lapar, di pantai ini banyak yang jualan makanan juga cemilan. Sedikit review mengenai Pantai Sadranan ini, saat saya di sana pasir beserta air lautnya pun masih cukup bisa dibilang bersih. Agar pantai ini terus bersih, nanti jika Anda akan mengunjungi pantai ini jika melihat ada sampah jangan lupa diambil lalu dibuang ke tong sampah ya guys.

Perjalanan dari Pantai Sadranan menuju Hotel 30 menit, karena kita hari terakhir di Yogyakarta jadi saat malam sekitar jam 21.00 memutuskan untuk berjalan-jalan di sekitar jalan malioboro. Sedikit tips ya guys, kalau mau naik becak yang disekitaran jalan malioboro dan kalau kalian ditawarin untuk naik. Jangan lupa ya untuk ditanyain dulu harganya berapa, soalnya pengalaman banget guys. Jadi teman saya sempat naik becak sebenarnya jaraknya ngga jauh, tapi tarif harga nya bikin geleng-geleng. Ya salah teman saya juga sih ngga bertanya harga dulu, malah langsung naik saja. Di sekitaran malioboro juga banyak banget angkringan yang bikin bingung mau nongski dimana, tapi ada satu angkringan yang nasi kucing dkk nya enak tapi saya lupa namanya apa tapi seingat saya dekat dengan stasiun Tugu Yogyakarta (pintu timur).

Hari ketiga di Jogja kita check-out, sebelum kita balik ke Bekasi kita masih menyempatkan untuk perjalanan menuju Desa Wisata Tembi. Di Desa Wisata Tembi banyak sekali pengalaman dan pelajaran yang diambil, mulai dari diajarin untuk membatik sambil mendengar alunan angklung, dan juga bermain game mengambil bebek dilahan yang berisi lumpur. Sangat cocok banget buat yang mau bawa anak dan kumpul bareng keluarga sambil santai sambil mengenal budaya ala Desa di Jogja.
Sekarang kita lanjut menuju Hutan Pinus Mangunan disana sangat sejuk sekali udaranya, karena dikelilingi banyak pohon pinus. Jangan khawatir guys disana juga banyak banget spot foto yang kekinian banget dengan udara yang segar.

Setelah itu kami masih ada satu destinasi lagi yaitu menuju Tebing Breksi. Tebing Breksi merupakan tebing kapur yang setahu saya dulunya merupakan sebuah area tambang yang lalu sekarang disulap menjadi tempat wisata yang unik dan menarik. Di sini kalian bisa naik ke atas tebing nya melalui tangga yang sudah disediakan, dan bisa berfoto-foto dengan keindahannya.

Selesai sudah perjalanan wisata SMA, sebenarnya banyak banget wisata Yogyakarta yang masih belum bisa dicoba satu per satu. Karena memang waktunya yang cukup singkat ini, yang terpenting dari sebuah perjalanan adalah sebuah kebersamaan dan menjadikan perjalanan, pengalaman yang nantinya akan menjadi sebuah cerita untuk masa yang akan datang nanti.
Semoga cerita singkat perjalanan saya kali ini bisa bermanfaat bagi kalian, mohon maaf jika masih ada tulisan atau tanda baca yang tidak sesuai.